Menjaga Kesinambungan Perusahaan Melalui Penerapan Budaya

Oleh Tria Silpianti Rahayu

SEBUAH perusahaan dapat terus berkembang bahkan akan menjadi besar sangat dipengaruhi oleh bagaimana landasan di perusahaan ditegakkan. Salah satu landasan penting pada sebuah perusahaan adalah budaya yang diterapkan didalamnya. Kesuksesan tidak akan bisa direalisasikan tanpa penerapan budaya perusahaan secara baik. Budaya perusahaan yang baik tentunya akan menstimulus semua karyawan perusahaan untuk terus bekerja secara bersungguh-sungguh, bukan hanya sekedar bekerja demi mendapat gaji semata. Perusahaan yang diisi oleh kayawan yang bekerja sepenuh hati, akan mampu bertahan serta siap dalam persaingan.

Sebagai bagian dari TelkomGroup, Dana Pensiun Telkom telah lebih dari lima tahun menerapkan budaya perusahaan The Dapen Telkom Way yang diadaptasi dan dikembangkan dari Budaya The Telkom Way. Bersyukur kepada Sang Pencipta Tuhan Semesta Alam, dengan menerapkan budaya The Dapen Telkom Way, Dana Pensiun Telkom berkembang dengan baik serta banyak mendapatkan penghargaan baik di lingkungan Telkom Group maupun dalam Industri Dana Pensiun di Indonesia.

Namun demikian, bila memperhatikan statistika Dana Pensiun di Indonesia yang dirilis oleh irektorat Statistik dan Informasi IKNB Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Indonesia pada posisi akhir Februari 2020 (tabel-1), dalam satu tahun telah terjadi pengurangan Dana Pensiun sebanyak lima dana pensiun. Pengurangan tersebut diyakini selain pengaruh kondisi ekonomi makro yang terus tertekan selama satu tahun terakhir juga dipengaruhi oleh penerapan budaya perusahaan yang kurang optimal di setiap Dana Pensiun.

Leave a Reply